Andipang
Blog Universitas Komputer Indonesia

Apa itu Draw io? Fitur, Kelebihan dan Cara Menggunakannya

Apa itu Draw io? Fitur, Kelebihan dan Cara Menggunakannya

Untuk memudahkan pekerjaan membuat diagram atau flowchart, kini tidak perlu memasang aplikasi karena bisa menggunakan Draw io yang diakses melalui browser di smartphone atau laptop. Lantas, bagaimana cara menggunakannya?

Situs draw.io memiliki tampilan sederhana sehingga mudah dipahami, dilengkapi fitur unggulan dan tipe diagram yang banyak pilihan, tentunya akan sangat membantu pekerjaan yang berhubungan dengan membuat flowchart.

Oleh sebab itu, situs ini menjadi alternatif buat kamu yang membutuhkan alat membuat diagram alur secara online, bisa digunakan secara gratis tanpa mengurangi fitur utamanya yang sama seperti aplikasi berbayar lainnya.

Sekilas Tentang Draw.io

Draw io adalah layanan yang dikembangkan khusus untuk membuat diagram secara online, dengan bermodalkan koneksi internet dan browser yang mendukung HTML5 bisa diakses melalui browser seperti aplikasi UC Browser versi lama di smartphone, laptop, atau PC.

Diagram yang dibuat di situs ini bisa disimpan dengan pilihan format file yang beragam. Selain bisa import data dari memori penyimpanan untuk di edit, bahkan kamu juga bisa langsung mencetak lembar diagram dari situs ini.

Maka tidak heran jika Draw.io banyak direkomendasikan, hal ini tidak lepas dari fitur yang ditawarkan tidak kalah dengan aplikasi serupa. Lalu, fitur apa saja yang tersedia di situs ini?

Fitur Unggulan Draw.io

Untuk membantu pengguna membuat diagram alur atau grafik, Draw.io dilengkapi fitur unggulan yang bisa diakses dengan mudah dan gratis. Adapun fitur-fiturnya sebagai berikut: 

1. Banyak Pilihan Tipe Diagram

Pada situs ini terdapat banyak pilihan tipe diagram, seperti class diagram, flowchart, sequence diagram, business diagram, UML dan diagram lainnya yang bisa dipilih sesuai kebutuhan.

2. Export File dengan Berbagai Format

Jika ingin menyimpan hasil pekerjaan atau diagram yang dibuat, terdapat pilihan format file mulai dari xml, png, svg, html dan drawio, bisa disimpan melalui penyimpanan hp atau cloud.

3. Import File dari Penyimpanan Cloud

Melalui situs Draw.io bisa membuka file dari penyimpanan cloud seperti Google Drive, Onedrive, Dropbox dan sebagainya. Kamu juga bisa membuka file dari memori penyimpanan hp.

4. Tersedia Menu Tools Lengkap

Pada Draw.io terdapat menu berisi tools untuk menambah teks, bentuk diagram, dan editing diagram dengan mudah. Tools yang tersedia lengkap dan pastinya bisa diakses secara gratis.

Draw.io

Kelebihan Situs Draw.io

Ada beberapa kelebihan situs Draw io yang tidak dimiliki situs lainya, meskipun situs ini gratis namun memiliki tools dan fitur lengkap. Adapun kelebihannya sebagai berikut: 

1. Tampilan Simple

Bagi pengguna smartphone tidak akan merasa kesulitan untuk membuat diagram di situs ini, tampilannya sederhana dan tata letak menu mudah dijangkau tidak bikin bingung pengguna.

2. Unlimited Diagram

Ada banyak tipe diagram di situs ini sehingga bisa memenuhi segala kebutuhan pekerjaan, mulai dari tipe diagram basic, flowchart, hingga UML tersedia di situs gratis ini.

3. Keamanan Terjamin

Untuk masalah keamanan tidak perlu khawatir, data kamu terjamin aman karena tidak membutuhkan akses login atau registrasi terlebih dahulu saat ingin menggunakan situs ini.

4. Gratis Tanpa Biaya

Dengan adanya situs pembuat diagram ini, tentunya sangat membantu pekerjaan apalagi bisa digunakan secara gratis, namun yang diperlukan hanyalah koneksi internet saja.

Cara Menggunakan Draw.io

Jika ingin menggunakan Draw io untuk membuat diagram tidak perlu memasang aplikasinya, kamu cukup kunjungi situsnya saja. Adapun cara menggunakannya sebagai berikut: 

  1. Langkah pertama buka browser di hp
  2. Kunjungi situs https://www.draw.io/
  3. Kamu akan dialihkan ke situs https://app.diagrams.net/
  4. Pilih lokasi penyimpanan, atau klik Decide Later
  5. Setelah itu, klik icon garis tiga di pojok kiri atas
  6. Pilih File, lalu klik New untuk membuat diagram baru
  7. Ubah nama dan format diagram, lalu pilih tipe diagram
  8. Kemudian klik Create

Demikian cara membuat diagram melalui situs Draw.io dengan mudah dan gratis, apalagi file bisa disimpan di cloud sehingga bisa diakses kapan saja dan dimana saja.

Yuk, coba sekarang! Dengan menggunakan situs Draw.io tidak perlu bersisah payah install aplikasi tambahan, cukup akses melalui web browser di smartphone atau laptop.

Format Lainnya : PDF | Google Docs | English Version
Diposting pada : Rabu, 24 Agustus 22 - 14:58 WIB
Dalam Kategori : APLIKASI
Dibaca sebanyak : 146 Kali
Tidak ada komentar pada blog ini...
Anda harus Login terlebih dahulu untuk mengirim komentar
Facebook Feedback