Andipang
Blog Universitas Komputer Indonesia

Apa itu Force restart dan Force Shutdown di Windows PC

Apa itu Force restart dan Force Shutdown di Windows PC

Apa itu force restart dan force shutdown – Halo sobat! Saat akan mematikan laptop atau komputer pasti sobat sekalian pernah membaca tulisan shutdown. Dan juga ketika sobat sekalian ingin memulai ulang laptop kalian Maka akan muncul option restart. 

Istilah-istilah seperti itu pasti sudah tidak asing lagi di telinga sobat semua bukan? 

Dalam kondisi tertentu biasanya mengharuskan sebuah laptop atau komputer untuk di restart paksa atau dimatikan secara paksa. Maksud dari kata paksa di sini adalah memaksa sebuah perangkat komputer untuk memulai ulang ketika visi mengalami error atau layar yang tidak bisa disenggol.

Nah dalam artikel kali ini kami akan memberikan Apa itu Force restart dan Force shutdown. Simak ulasannya di bawah ini ya.

Apa itu force restart dan force shutdown?


1

Force restart dan force shutdown merupakan suatu kondisi dimana apabila surface kamu berhenti merespon atau macet maka metode yang bisa dilakukan adalah mematikan paksa lalu memulai ulang perangkat.

Tetapi, ada hal yang perlu kamu ketahui. Apabila memang memungkinkan untuk harus mematikan surface dengan cara yang normal maka kamu tidak perlu mematikan paksa dan memulai ulang perangkat komputer kamu. Kemudian harus memperhatikan status daya untuk mengetahui cara melakukannya dengan benar.

Jadi, apakah kamu sudah mulai memahami apa itu force restart dan force shutdown?

Cara melakukan force shutdown dan restart berdasarkan jenis surface

Berdasarkan apa yang sudah disampaikan di atas maka dari itu kamu harus menemukan Surface untuk melihat instruksi spesifik untuk model komputer atau laptop yang kamu gunakan.

Opsi 1

Petunjuk yang kami berikan di bawah ini berlaku untuk modal surface berikut:

  • Surface Pro (Gen ke-5), Surface Pro 6, Surface Pro 7, Surface Pro 7+, Surface Pro 8, Surface Pro X, Surface Pro X (WiFi)

  • Surface Laptop (Gen ke-1), Surface laptop 2, Surface laptop 3, Surface laptop 4, Surface laptop Go, Surface laptop Go 2, Surface laptop Studio, Surface laptop SE

  • Surface Book 2, Surface Book 3

  • Surface Go (semua model), Surface Go 2 (semua model), Surface Go 3

  • Surface Studio (generasi pertama), Surface Studio 2

Caranya 

  1. Tekan dan tahan tombol daya sehingga Surface kamu mati dan bisa di restart dan kamu bisa melihat pada layar terdapat logo Windows sekitar 20 detik kemudian lepaskan tombol daya

  2. Setelah Surface kamu di restart, disarankan untuk menjalankan Surface diagnostik toolkit untuk memastikan bahwa perangkat kamu diperbarui dan berfungsi seperti yang kamu inginkan

Opsi 2

Petunjuk yang kami berikan di bawah ini berlaku untuk modal surface berikut:

  • Surface Pro, Surface Pro 2, Surface Pro 3, Surface Pro 4

  • Surface Book

  • Surface 2, Surface 3

  • Surface RT

Caranya

Jika kamu memiliki salah satu model dari yang sudah kami sampaikan di atas maka gunakanlah proses penonaktifan dua tombol untuk memastikan perangkat kamu sudah mati sepenuhnya.

  1. Tekan dan tahan tombol daya hingga layar mati sekitar 30 detik kemudian lepaskan

  2. Tekan dan tahan tombol volume atas dan tombol daya secara bersamaan hingga layar mati sekitar 15 detik kemudian lepaskan keduanya

  3. Tunggu hingga layar menampilkan logo Windows tetapi terus menahan tombol setidaknya selama 15 detik

  4. Tunggu beberapa saat setelah melepaskan tombol

  5. Tekan dan lepaskan tombol daya untuk menghidupkan kembali kemudian kamu akan melihat logo Surface kamu

Apa yang harus dilakukan jika surface masih tidak merespon?


1

Apabila langkah-langkah yang kamu berikan di atas tidak menyelesaikan masalah maka kamu bisa mengirimkan pesanan layanan ke Microsoft untuk mengakses opsi perbaikan atau penggantian yang tersedia.

Caranya buka layanan dan perbaikan perangkat, daftar, lalu pilih jenis Surface untuk memulai pesanan layanan.

Akhir Kata

Itulah informasi dalam artikel Apa itu Force restart dan Force shutdown dari tim web Sebuahutas.com. Semoga apa yang kami berikan di atas bisa membantu kamu mengatasi masalah dan menambah informasi.

Jangan lupa berikan kritik dan saran pada kolom komentar supaya kami bisa terus memberikan informasi yang bermanfaat setiap harinya mengenai ilmu dan istilah komputer. Jangan lupa untuk Klik tombol share untuk membagikan artikel apa itu force restart dan force shutdown ini ke teman-teman kamu.

 
Format Lainnya : PDF | Google Docs | English Version
Diposting pada : Rabu, 13 Juli 22 - 09:16 WIB
Dalam Kategori : WINDOWS
Dibaca sebanyak : 317 Kali
Tidak ada komentar pada blog ini...
Anda harus Login terlebih dahulu untuk mengirim komentar
Facebook Feedback